10 Bangunan Terunik Di Dunia


Sibuk usha2 google.. jumpe plak link ni.. isk isk isk.. teruja jugak nak copy 100% hehe.. tak tahu lah korang pernah nengok tak.. tp nad baru je 1st time nengok bangunan2 ni.. mang sesuai ngan tajuk.. Terunik :)


1. Cubic House - Rotterdam
Sesuai dengan namanya, rumah-rumah ini berbentuk kubus. Namun bukan kubus biasa karena bentuknya adalah kubus yang dimiringkan 45 derajat.
Rumah-rumah ini didesain oleh Piet Blom. Tiga versi awal rumah kubus ini dibangun pada tahun 1974. Setelah itu sekitar 18 rumah dibangun pada tahun 1977 di Helmond. Selanjutnya sekitar 39 rumah dibangun lagi di Rotterdam.
Rumah ini memiliki tiga lantai. Di lantai pertama terdapat pintu masuk, ruang tamu, dan dapur terbuka. Lantai kedua terdapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Sementara lantai atas biasanya digunakan untuk berkebun.
2. Dancing House
Dancing House, atau disebut juga Ginger&Fred adalah julukan yang diberikan pada bangunan Nationale-Nederlanden di Praha, Republik Ceko. Bangunan ini didesain bersama oleh arsitek Vlado Milunic dan bekerjasama dan arsitek asal Amerika-Kanada, Frank Gehry.
Coba perhatikan bentuknya yang unik dan seolah terjepit di antara dua bangunan, yaitu Baroque, Gothic dan Art Noveau.
3. UFO House - Taiwan
UFO House yang terletak di Shanjih, Taiwan, sebenarnya adalah proyek yang telah ditelantarkan selama 30 tahun. Bangunan ini disebut UFO House karena bentuknya yang tidak biasa.
Jika dilihat-lihat, bentuknya mirip seperti frisbee yang ditumpuk-tumpuk. Karena bentuknya yang unik, bangunan ini sering mengundang banyak fotografer untuk mengabadikannya.
4. Perpustakaan Umum Kansas City - Amerika Serikat
Semua orang pasti akan bersemangat untuk datang ke perpustakaan yang satu ini. Jika biasanya perpustakaan umum kota memiliki bangunan yang tidak menarik, maka perpustakaan ini berbeda.
Dengan bentuknya yang menyerupai jejeran buku, orang akan langsung mengenai bangunan ini sebagai perpustakaan. Perpustakaan ini dibangun sejak 1873 dan menjadi perpustakaan tertua di Kansas.
5. Istana Ferdinand Cheval - Prancis
Istana yang disebut juga Ideal Palace ini dibangun oleh Ferdinand Cheval, seorang tukang pos di Hauterives Prancis yang ingin menjadikan bangunan ini sebagai makamnya. Namun hingga saat ini dia masih belum memiliki surat ijin untuk melakukannya.
Pria ini lahir pada tahun 1836 dan meninggal pada tanggal 19 Agustus 1924. Alih-alih menjadi makam, istananya sekarang malah menjadi tempat wisata yang menarik karena arsitekturnya yang tak biasa.
6. Forest Spiral Hundertwasser - Jerman
Bangunan ini dibangun pada tahun 2000 oleh arsitek Austria, Friedensreich Hundertwasser. Di dalamnya terdapat 105 apartemen dengan desain dan warna yang unik.
Dalam bahasa Indonesia nama gedung ini juga berarti hutan spiral. Sesuai namanya, gedung ini memang termasuk salah satu bangunan ramah lingkungan yang atapnya ditutupi oleh tanaman.
7. Museum Guggenheim - Spanyol
Museum yang terletak di sebelah sungai Nervion ini didesain oleh arsitek asal Kanada-Amerika Frank Gehry. Siluet gedung ini terlihat seperti kapal, namun memiliki bentuk yang abstrak dan bernilai seni.
Museum ini biasanya digunakan untuk memamerkan karya seni dan arsitektur, baik dari seniman lokal Spanyol maupun internasional.
8. Lotus Temple - India
Lotus Temple juga dikenal dengan nama lain Bahai House of Worship. Bangunan ini dibangun pada tahun 1986 oleh arsitek asal Iran, Fariborz Sahba.
Bangunan ini dibangun dari 27 marmer yang dibentuk seperti kelopak dan diatur hingga bentuknya menyerupai bunga teratai. Bangunan setinggi 40 meter ini mampu menampung hingga 2.500 orang di dalamnya.
9. Gedung Ripleys - Kanada
Bukan Ripleys namanya kalau tak bisa memberikan suguhan yang unik dan aneh, termasuk juga gedungnya sendiri. Gedung ini terlihat seperti rumah yang terkena gempa.
Beberapa sisinya tampak akan roboh dan retak di sana-sini. Jika ingin mengunjunginya, Anda bisa datang ke Ontario, Kanada.
10. Crooked House - Polandia
Crooked House juga dikenal dengan nama Krzywy Domek. Bangunan ini dibangun pada tahun 2004 dan memiliki luas 4.000 meter persegi.

sumber : Seram

You Might Also Like

0 comments